-->
Gubug Informasi

follow us

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN

Pengertian Manajemen Keuangan - Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). Manajer keuangan mempunyai urusan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada beragam aktiva serta penentuan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva itu. 

manajemen_keuangan

Untuk beroleh dana, manajer keuangan dapat mendapatkannya dari dalam ataupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan datang dari pasar modal, dapat berupa hutang atau modal sendiri. Manajemen keuangan bisa didefinisikan dari pekerjaan serta tanggung jawab manajer keuangan. Pekerjaan pokok manajemen keuangan diantaranya mencakup ketentuan perihal investasi, pembiayaan aktivitas usaha serta pembagian deviden satu perusahaan, karena pekerjaan manajer keuangan yaitu berencana untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek yaitu :

  • Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  • Manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
  • Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
  • Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan. 

Pada intinya maksud manajemen keuangan yaitu memaksimumkan nilai perusahaan. Walau demikian di balik maksud itu tetap ada konflik pada yang memiliki perusahaan dengan penyedia dana untuk kreditur. Bila perusahaan jalan lancar, maka nilai saham perusahaan bakal meningkat, sedang nilai hutang perusahaan dalam wujud obligasi tak dipengaruhi sekalipun. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwasanya nilai dari saham kepemilikan dapat adalah indeks yang pas untuk mengukur tingkat efektifitias perusahaan. Menurut argumen tersebut, maka maksud manajemen keuangan dinyatakan dalam wujud maksimalisasi nilai saham kepemilikan perusahaan, atau memaksimalisasikan harga saham. Maksud memaksimumkan harga saham tak bermakna bahwasanya beberapa manajer mesti berusaha mencari kenaikan nilai saham dengan mengorbankan beberapa pemegang obligasi. Segi utama lain dari maksud perusahaan serta maksud manajemen keuangan yaitu pertimbangan pada tanggung jawab sosial yang bisa dipandang dari empat sisi yakni :

1. Jika manajemen keuangan menuju pada maksimalisasi harga saham, maka diperlukanmanajemen yang baik dan efisien sesuai dengan permintaan konsumen.

2. Perusahaan yang berhasil selalu menempatkan efisiensi dan inovasi sebagai prioritas, sehingga menghasilkan produk baru, penemuan teknologi baru dan perluasan lapangan pekerjaan.

3. Faktor-faktor luar seperti pencemaran lingkungan, jaminan keamanan produk dan keselamatan kerja menjadi lebih penting untuk dipertimbangkan. Fluktuasi di semua tingkat kegiatan bisnis dan perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi pasar keuangan merupakan aspek penting dari lingkungan luar.

4. Kerjasama antara industri dan pemerintah sangat diperlukan untuk menciptakan peraturan yang mengatur perilaku perusahaan, dan sebaliknya perusahaan mematuhi peraturan tersebut.

Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah memaksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis sebagai berikut :

  • Memaksimumkan nilai bermakna lebih luas daripada memaksimumkan laba, karena memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan pengaruh waktu terhadap nilai uang.
  • Memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan berbagai resiko terhadap arus pendapatan perusahaan.
  • Mutu dari arus dana yang diharapkan diterima di masa yang akan datang mungkin beragam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar